Sumber :Analisa Website
Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset
Yogyakarta, 2007
Dalam menganalisa website informasi ini, dengan melihat enam prinsip yang ada dalam materi Design Grafis pada mata kuliah IMK. Prinsip-prinsip Design Grafis yaitu :
1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah.
Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Contoh : Metafora tampilan desktop.
2. Clarity (Kejelasan)
Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat.
Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Pada tampilan web http://pb.gemscool.com dari segi Clarity cukup baik,
karena tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting.
Susunan halaman web http://pb.gemscool.com yang teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pengunjung.
Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka.
3. Consistency (Ketetapan)
Sudarmawan; Ariyus, Dony; Interaksi Manusia dan Komputer, Andi Offset
Yogyakarta, 2007
Dalam menganalisa website informasi ini, dengan melihat enam prinsip yang ada dalam materi Design Grafis pada mata kuliah IMK. Prinsip-prinsip Design Grafis yaitu :
1. Metaphor (Metafora)
Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah.
Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan.
Contoh : Metafora tampilan desktop.
2. Clarity (Kejelasan)
Adalah alasan yang kuat / masuk akal digunakannya setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang dibuat.
Penggunaan yang sedikit akan lebih baik. Pada tampilan web http://pb.gemscool.com dari segi Clarity cukup baik,
karena tidak terlalu banyak memasukan elemen yang tidak terlalu penting.
Susunan halaman web http://pb.gemscool.com yang teratur dan disertai link-link yang jelas akan menjadi daya tarik kepada pengunjung.
Semua data dan informasi disusun agar terkemas dengan baik. Ini akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan mereka.
3. Consistency (Ketetapan)
Adalah konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Terdapat konsistensi yang baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
4. Alignment (Perataan)
5. Proximity
6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men set item yang paling utama. Item yang paling utama di beri highlight. Guanakan geometri untuk membantu pengurutan.
Komentar Website
PENYAJIAN GRAFIS
· Seni Huruf
Dalam menciptakan suatu karya halaman web yang memiliki nilai artistik harus mengerti prinsip – prinsip dasar desain grafis. Terutama bila perancang mampu menggali lebih dalam tentang karya cipta huruf, baik bentuk, ukuran, format dan pewarnaannya. Seni huruf dikenal juga dengan istilah tipografi. Pengertian dari tipografi yaitu seni dalam huruf yang meliputi pemilihan huruf, penentuan ukuran yang tepat, spasi jarak dan kemudahan membaca teks.
Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan huruf agar mudah dibaca dan nyaman dipandang adalah :
a. Meletakkan teks dengan latar belakang atau teks dengan gambar dalam ketinggian yang kontras. Kontras yang tinggi dihasilkan dari penggunaan dua warna yang sangat kontras. Misalnya hitam dengan putih atau kuning terang dengan biru gelap.
b. Memilih huruf yang mudah dibaca, biasanya jenis serif dan san serif. Jenis huruf dekoratif atau kursif lebih sulit untuk dibaca, tetapi dapat digunakan untuk judul dan sebaiknya berukuran besar.
c. Mengatur leading atau spasi antara dua baris teks dan juga kerning atau jarak spasi antar huruf.
d. Menggunakan huruf standar yang ada di semua komputer atau browser. Jika harus menggunakan huruf lain yang bentuknya unik, maka sebaiknya digunakan untuk grafik agar bisa ditampilkan dengan baik di komputer atau browser lain.
· Tata Warna
Warna dapat menciptakan kesan dan arti tersendiri. Tata warna yang tepat dapat menciptakan kesan tertentu, misalnya profesional, eksekutif, amatir atau standar. Warna adalah hal yang pertama dilihat sebelum membaca isi dari web. Jadi warna merupakan elemen yang sangat penting dipertimbangkan sebelum membuat situs, baik dari segi psikologis maupun dari segi kombinasi keserasian antar warna. Penggunaan warna yang benar akan memberikan pengaruh yang kuat akan kejelasan pesan yang ingin disampaikan. Ditinjau dari segi psikologisnya, warna dapat menimbulkan makna yang positif dan negatif. Semua emosi melekat pada warna. Emosi ini dapat ditimbulkan dengan memperhatikan keserasian warna dengan benar.Beberapa variasi warna yang banyak berperan pada pembuatan situs yaitu :
a. Warna untuk penekanan, penegasan, penyorotan pada suatu topik tertentu dan dapat menuntun pengunjung untuk menuju pada tema atau link yang penting.
b. Warna mengidentifikasikan tema (biasanya judul dan subjudul menggunakan warna yang sama).
c. Warna sebaiknya dapat membedakan antara satu objek dengan objek lainnya. Misalnya perbedaan warna pada grafik.
· Tata Letak dan Penyajian Gambar
Salah satu tujuan pembuatan halaman web adalah untuk membangun dan membentuk citra game tersebut. Pilihan dan tata letak warna menjadi salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada respon pengunjung.
Pemuatan gambar tentu akan menambah nilai artistik pada suatu halaman web, yakni jika ukuran, jumlah, tata letak dan penyajiannya proporsional dan tepat. Sementara itu, jumlah gambar yang akan ditampilkan harus dibatasi dan ditata sedemikian rupa agar dapat mendukung tema dari informasi yang akan disajikan. Teknik penyajian gambar juga sangat berpengaruh dalam menciptakan citra game tersebut.
· Penggunaan Bentuk Geometri
Penggunaan bentuk geometri yang efektif akan memberikan motivasi, inspirasi dan tantangan kepada pengunjung walaupun tanpa disadari. Bentuk-bentuk geometri yang standar seperti garis, kotak, lingkaran, segitiga dan kurva dapat dikombinasikan dengan bentuk lain untuk memberikan kesan yang kuat kepada pengunjung, misalnya bentuk lingkaran dikombinasikan dengan segitiga akan mengahsilkan kesan energik dan dinamis, bentuk lingkaran yang dikombinasikan dengan kotak akan menghasilkan kesan yang hangat dan aman.
· Model Kartun
Halaman web dengan imajinasi kartun menggunakan tokoh atau karakter dari game Rising Force itu sendiri dari masing-masing bangsanya. Seperti Job Launcher pada bangsa Accretia, Job Armorrider pada bangsa Bellato, dan Job Animus pada bangsa Holy Alliance Cora.
· Animasi
Untuk meningkatkan nilai seni dan daya tarik dalam pembangunan web dapat digunakan animasi, yaitu gambar yang bergerak. Objek yang bergerak akan menciptakan citra tersendiri bagi yang melihatnya. Animasi biasanya singkat dan hanya digunakan untuk memberi kesan tertentu.
Dalam web ini, animasi hanya digunakan di dalam pemilihan bangsa dan pengumuman berita atau event.
· Foto
Foto dapat digunakan untuk meningkatkan nilai artistik sebuah halaman web yang ingin menggambarkan fakta yang terjadi. Akan tetapi kualitas foto dan tata olahnya harus diperhatikan agar foto dapat disajikan secara cantik dan menarik. Dalam web ini hanya menampilkan foto dari screen shot pemain.
· Tekstur
Halaman latar bagi sebuah web juga dapat diolah untuk menimbulkan citra tertentu seperti canggih atau modern. Penciptaan citra canggih dapat dilakukan dengan cara memberikan tekstur yang bernuansa teknologi namun disajikan dengan tata warna dan tata letak yang proporsional, sehingga tampak canggih dan anime style pada halaman latar.
· Nuansa Web
Tampilan sebuah halaman web dapat diolah sedemikian rupa untuk menimbulkan nuansa seperti tradisional, klasik, modern atau resmi. Nuansa seperti itu dapat dimanfaatkan untuk membentuk citra game dan tentu saja akan berpengaruh terhadap para pengakses halaman web.
Nuansa web yang di ciptakan oleh web design pada web rf-online ini untuk menciptakan citra game yang menarik untuk dimainkan, dan mencitrakan juga tentang seru-nya permainan game ini dengan menampilan animasi-animasi dari karakter game tersebut yang bertujuan untuk memberikan rasa keingintahuan dari pengakses web.
ISI WEBSITE
1. Informasi
Informasi yang disajikan adalah mengenai event – event yang diselenggarakan oleh pihak Developer yakni PT LYTO, Panduan dalam meng update game, informasi tentang kesalahan teknis dan petunjuknya.
2. Member Account
Adalah sarana bagi para member (user game) untuk meregistrasi akun, membuat akun baru, pembayaran voucher, dan pengaduan dari member terhadap game rf-online.
3. Data Game RF-Online
Data game berfungsi untuk memberikan informasi tentang hal – hal yang terjadi di dalam game rf-online, baik tentang status karakter, status guild, informasi ekonomi, informasi tentang chip war.
4. Petunjuk tentang Game RF-Online
Mengenalkan produk rf-online yang berisikan tentang pengenalan karakter – karakter dari tiga bangsa, informasi equipment, item mall guild.
5. Link Download
Ditujukan kepada para user game untuk mendownload patch update, mendownload game, dan mendownload screenshot dan wallpaper dari game rf-online.