Search

Pages

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Jumat, 19 Februari 2010

I, Robot

I, Robot



sumber : http://www.indosiar.com/sinopsis/3101/i-robot

Sutradara : Alex Proyas
Produser : John Davis
Topher Dow
Wyck Godfrey
Laurence Mark
Penulis : Isaac Asimov
Jeff Vintar
Akiva Goldsman
Hillary Seitz (uncredited)
Pemeran : Will Smith
Bridget Moynahan
Bruce Greenwood
James Cromwell
Chi McBride
Alan Tudyk
Shia LaBeouf
Tahun Rilis : 14 December 2004

SINOPSISNYA :
"I, Robot" menceritakan tentang dunia yang sudah begitu tergantung kepada robot NS 5 yang menjadi asisten rumah tangga. Kata "I" berarti Intelligent, Ideal, Incredible. Produk NS 5 memang dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. Para robot ini diikat oleh hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum. Film yang diangkat dari koleksi cerita pendek Isaac Asimov dan diangkat kelayar lebar dibawahan arahan sutradara Alex Proyas yang membidani film "Dark City" dan "The Crow" mempercayakan tokoh utamanya kepada Will Smith sebagai detektif Del Spooner yang menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5, yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035. Setelah Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Spooner mencurigai pelakunya adalah robot NS 5. Namun jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang percaya dengan apa yang diyakini Spooner. Ia hanya mendapat dukungan Dr Susan Calvin, yang merupakan spesialis psikologi robot. Kalau yang dikuatirkan Spooner bahwa para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, berarti dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini. Will Smith yang juga merupakan executive producer dari film ini, bermain bersama Bridget Moynahan (Sum of All Fears, The Recruit, Coyote Ugly) yang berperan sebagai Dr. Susan Calvin. Kalau tahun belakangan Will lebih banyak membintang film-film sekuel seperti Men in Black II dan Bad Boys II, tapi tampaknya rencana Will ditahun ini dan mendatang sudah direncanakan dengan film-film yang bertema lebih baru. Setelah "I, Robot" ia mengisi suara untuk tayangan animasi Shark Tale, & satu lagi judul film yang masih dalam proses pembuatan, Last First Kiss.

Komentar Saya :
Film I, Robot ini merupakan suatu Kemajuan teknologi dibidang Robotica tahun 2035 yang super canggih. Dan sekarang manusia disana hanya bergantung pada robot yang dibuat menjadi seperti manusia dalam melakukan aktivitasnya, dimana semua pekerjaan yang dilakukan oleh manusia semestinya ia kerjakan setiap hari sekarang menjadi pekerjaan si robot NS 5 yang difungsikan dengan begitu menakjubkan. Dalam hal ini si robot juga dibatasi oleh hukum manusia diantaranya robot harus mematuhi aturan yang berlaku, dimana si robot itu harus memenuhi semua kebutuhan manusia dan tidak boleh melukai atau membunuh orang lain serta dirinya sendiri. Film ini menampilkan tekhnologi animasi robot yang begitu sempurna hingga programnya pun berjalan sebagaimana mestinya.

Sebenarnya, dalam film I, Robot mempunyai dampak positif dan negativenya, seperti :

Kemajuan teknologi sangatlah berarti untuk kalangan semua orang baik di dunia mana pun. Akan tetapi, kemajuan yang diciptakan berbentuk robot sangatlah
menunjang untuk keamanan dan keselamatan setiap orang. Namun, dalam pembuatan robot ini sangatlah tidak baik jika fungsi suatu robot digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang manusia lakukan tiap hari. Karena kemajuan teknologi dapat membuat semua orang hidup bergantung seperti “Benalu” dan tidak mau menggunakan tenaga dan fikirannya.

nih Trailer film I,robot....

PRINSIP USABILITY

Interaksi manusia dan Komputer

A. Prinsip Usability

Sebelum masuk pada materi Prinsip Usability. Apa anda tahu apa itu Usability ?

Usability Merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna.Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem tidak terbuang sia – sia.

Kemudian ada banyak cara mengukur usability, antara lain oleh:
• ISO,
• DIX (1993)
• DLL
Lalu ada Prinsip Usability Dix (Tahun 1993) terdiri dari :

• Learnability : kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan
interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja.
• Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi
• Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

Dalam hal ini, Prinsip Usability juga terdiri dari :
1. Human Ability
2. Human Capabilities
3. Proses
4. Memori
5. Observations
6. Problem Solving

1. Human Ability
• HUMAN ABILITIES terbagi menjadi 2, yaitu :
• BAIK
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi, Mekanisme konsentrasi powerful serta
Pengenalan pola pikir powerful

• BURUK
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah dan lambat

2. Human Capabilities
Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang lebih baik didapatkan. Dalam hal ini, user perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang, seperti :
• Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
• Proses informasi
• Sistem Motor

PENGLIHATAN / INDRA MATA (VISION)
Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
•Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
•Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut

a.Kemampuan Penglihatan
Kemampuan Penglihatan terdiri dari :
• Sensivitas
• Ketajaman

b.Warna
• Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation


PENDENGARAN (HEARING)
• Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan
informasi lingkungan sekitar.
• Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkira
kan kemana objek tersebut akan berpindah.

PERABA (TOUCH)
• Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor
penerima (sensory receptor), yaitu :Thermoceptor,Nociceptor,
Mechanoceptor

3. PROSES INFORMASI
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :
1. Perseptual :
- Menangani sensor dari luar
- Sebagai buffer untuk menampung masukkan yang diterima dari indera
manusia
- Diproses (diterima) untuk diteruskan ke otak (memori)

2. Kognitif : memproses hubungan keduanya
3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan,kekuatan)

4. MEMORI
• Memori menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural.
Kemudian terdapat 4 tipe memori :

1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
- Terbatas kapasitasnya.
- Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2. Short Term Memory (STM)
- Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat
atau sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
- Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
- Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.

3. Intermediate
Menyimpan untuk ke LTM
4. Long Term Memory (LTM)
- Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan
eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
- Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses
hilangnya informasi lebih lambat.

Terdapat dua jenis LTM :
a. Memori Episodik
b. Memori Semantik

PENYELESAIAN MASALAH
• Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
• Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu
atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh
manusia.
Reasoning terdiri dari :
• Deduktif (Menarik kesimpulan secara logika dari premis yang diberikan)
• Induktif
- Men-generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang hal
baru
• Abduktif
- Penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang mengakibatkan
fakta tersebut terjadi

uSABILITY

Interaksi manusia dan Komputer

A. Prinsip Usability

Sebelum masuk pada materi Prinsip Usability. Apa anda tahu apa itu Usability ?

Usability Merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna.Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem tidak terbuang sia – sia.

Kemudian ada banyak cara mengukur usability, antara lain oleh:
• ISO,
• DIX (1993)
• DLL
Lalu ada Prinsip Usability Dix (Tahun 1993) terdiri dari :

• Learnability : kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan
interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja.
• Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi
• Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

Dalam hal ini, Prinsip Usability juga terdiri dari :
1. Human Ability
2. Human Capabilities
3. Proses
4. Memori
5. Observations
6. Problem Solving

1. Human Ability
• HUMAN ABILITIES terbagi menjadi 2, yaitu :
• BAIK
- Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
- Durasi LTM tidak terbatas dan komplex
- Kemampuan memahami tinggi, Mekanisme konsentrasi powerful serta
Pengenalan pola pikir powerful

• BURUK
- Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
- Durasi STM terbatas
- Akses yang tidak dapat diandalkan pada STM
- Proses yang cenderung salah dan lambat

2. Human Capabilities
Faktor manusia ini harus diperhatikan, karena dari sinilah desain yang lebih baik didapatkan. Dalam hal ini, user perlu mengetahui hal-hal berikut dalam merancang, seperti :
• Penginderaan / Panca indra (Mata, Telinga, Peraba)
• Proses informasi
• Sistem Motor
PENGLIHATAN / INDRA MATA (VISION)
Konsep penglihatan terdiri dari dua tahap :
• Penerimaan stimulus dari luar secara fisik
• Pemrosesan serta interpretasi dari stimulus tersebut

a. Kemampuan Penglihatan
Kemampuan Penglihatan terdiri dari :
• Sensivitas
• Ketajaman

b. Warna
• Warna dikaitkan dengan hue, intensitas, dan saturation


PENDENGARAN (HEARING)
• Sistem auditory memiliki kapasitas sangat besar untuk mengumpulkan
informasi lingkungan sekitar.
• Dapat mendengar objek apa saja yang ada di sekitar dan memperkira
kan kemana objek tersebut akan berpindah.

PERABA (TOUCH)
• Manusia menerima stimuli melalui kulit. Kulit memiliki tiga jenis sensor
penerima (sensory receptor), yaitu :Thermoceptor,Nociceptor,
Mechanoceptor

3. PROSES INFORMASI
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama :
1. Perseptual
2. Kognitif : memproses hubungan keduanya
3. Sistem Motor : mengontrol aksi / respon (pergerakan, kecepatan,kekuatan)

4. MEMORI
• Memori menyimpan pengetahuan faktual dan pengetahuan prosedural.
Kemudian terdapat 4 tipe memori :

1. Perceptual Buffer (Memori Sensor)
- Terbatas kapasitasnya.
- Informasi yang masuk melalui indera tidak semua dapat diproses.
2. Short Term Memory (STM)
- Memori kerja menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam waktu yang singkat
atau sementara pada saat kita sedang melakukan pekerjaan.
- Dapat diakses dengan cepat, namun berkurang secara cepat pula
- Metode digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan :
a. Panjang suatu deret (sequence) yang dapat diingat secara terurut.
b. Kemampuan mengingat kembali item-item secara acak.

3. Intermediate
Menyimpan untuk ke LTM
4. Long Term Memory (LTM)
- Penyimpanan utama untuk informasi faktual, pengetahuan berdasarkan
eksperimen / pengalaman, aturan-aturan prosedur, tingkah laku, dsb.
- Kapasitasnya lebih besar, waktu akses yang lebih lambat, serta proses
hilangnya informasi lebih lambat.

Terdapat dua jenis LTM :
a. Memori Episodik
b. Memori Semantik

PENYELESAIAN MASALAH
• Setelah penyimpanan di LTM, kemudian diaplikasikan
• Penalaran (Reasoning) : proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu
atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki oleh
manusia.
Reasoning terdiri dari :
• Deduktif (Menarik kesimpulan secara logika dari premis yang diberikan)
• Induktif
- Men-generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang hal baru
• Abduktif
- Penalaran dari sebuah fakta ke aksi atau kondisi yang mengakibatkan
fakta tersebut terjadi

i,robot


Kamis, 18 Februari 2010

ANALISIS TUGAS


Analisis Tugas


o Dalam hal ini kita memerlukan analisa dan sketsa (gambaran) bagaimana manusia
melaksanakan tugas / pekerjaannya. Kemudian apa saja yang dilakukan dan alat /
benda apa yang digunakan pada waktu melaksanakan tugas / pekerjaan tersebut serta
hal–hal apa saja yang perlu diketahui.

o Langkah selanjutnya, memeriksa tugas – tugas user untuk mengetahui dengan baik
apa saja yang diperlukan user dari interface dan bagaimana cara mereka
menggunakannya.

Contohnya :
o Menulis Rangkuman dari buku interaksi manusia dan komputer

 Didalam menulis rangkuman dari buku interaksi manusia dan computer

 Kita mengambil sebuah pulpen untuk menulis dan tipe x untuk cadangan
apabila ada kesalahan dalam penulisan serta buku tulis atau folder khusus
agar data tersimpan dengan rapih didalam buku.

 Kemudian baru kita menulis rangkuman tersebut sesuai halaman yang ditentukan
didalam buku.

 Ketika sedang menulis, kerapihan penulisan didalam sangat penting untuk
kita dan orang lain, agar mudah dibaca dan tidak bingung dengan tulisan
sendiri ketika memberikan suatu pendapat kita. Setelah itu, selesaikan
menulis rangkuman hingga halaman yang telah ditentukan finish.


KOMPONEN

1. Dalam hal menganalisis suatu tugas, ada 3 komponen kunci bagaimana manusia bekerja yaitu :
Aktivitas
 Artifak
 Hubungan


2. Jangan hanya melihat dari Sistem Komputer saja dan interaksinya
3. Mempelajari proses yang berhubungan dan objek pada lingkungan dimana manusia
akan menggunakannya dan membutuhkannya.
Contoh : Lingkungan kantor – kertas, papan tulis, dll.

Dalam analisis tugas, ada beberapa input dan outputnya, seperti :

a. Pengumpulan Data
Terdiri dari :

#. Dokumentasi
: berupa penjelasan bagaimana tugas akan dikerjakan yang dilakukan secara standard, manual, historic dan praktek yang baik.

#. Interview : terbagi 3 kategori dalam melakukan interview/wawancara :
1. Terstruktur (Sistematis)
2. Tidak Terstruktur
3. Semi Terstruktur

#. Observasi : merupakan pengamatan. Dalam observasi,kita lihat apa yang dikerjakan user, kemdian rekam untuk melihat rekaman tersebut agar dapat dilihat kembali. Gunakan catatan atau bagan serta focus pada tugas khusus dan catat yang penting dan berhubungan erat tetapi kemudian diubah menjadi sub tugas abstrak.

#. Survei / Kuisioner
: merupakan sebuah pertanyaan yang sudah
dibuat sebelumnya.

#.Pencatatan data secara otomatis
: Timer, mouse klik monitoring, dll.


b. Representatif Data
Terdiri dari :

#. Daftar, Ringkasan, Matriks

#. Naratif : Menjelaskan tugas – tugas dalam -
bentuk kalimat, lebih efektif untuk
mengkomunikasikan ide – ide umum dari tugas.

#. Hirarki dan Jaringan : 1. Hirarki Task Analysis (HTA)
Seperti : Notasi grafik dan dekomposisi
dari tugas, tugas merupakan -
aksi dan tugas diatur dalam –
rencana yang disusun secara –
sistematis.

Contoh : Membuat secangkir Kopi


2. Jaringan
Merupakan entity relationship diagram
terdiri dari Orang berhubungan dengan
objek, Link menjelskan secara fungsio-
nal.
Misalnya :
Tugas : Membuat akhir Cerita Pendek
Objek : Pulpen, tipe x, kertas.
Actor : Adam, Lika, Cinta
Komposisi Objek : Tim

#. Flowchart : kombinasi ERD dengan alur sequential. Termasuk aksi, keputusan, logika, untuk semua elemen dari system. Bersifat abstrak serta merupakan alat Bantu yang baik.