Search

Pages

Senin, 26 April 2010

Ubiquitous Computing

Ubiquitous = ada dimana-mana
• Hasil penelitian Xerox Palo Alto...Research Center (PARC), 1988
• Dimotori oleh Marc Weiser, dkk.
Sistem komputer seharusnya menjadi alat (tools) dan “hilang” dari pandangan kita, di luar alam sadar kita. Seringkali komputer justru menjadi fokus dan menghalang-halangi fungsinya.

 Contoh ubiquitous technologies
• Tulisan (literary technology)
  – buku, majalah, surat kabar, iklan, papan pengumuman
• Listrik (electricity)
   – rumah, kantor, mobil
• Contoh good tools: Kacamata, jam
• Combution engine? Telekomunikasi
Implementasi Ubiquitous Computing
• Menggunakan everyday objects / artifacts
– kancing, kabel (wires), batre
– hidup bersama (dwell) dengan computer bukan sekedar interaksi
• Riset lain: wearable computing, MIT
  Things That Think, intelligent agents (bertentangan?)
Lihat gambar ini :


(Ubiquitous Computing) Mana-mana komputasi adalah model desktop-pos interaksi manusia-komputer yang memproses informasi telah sepenuhnya terintegrasi menjadi obyek sehari-hari dan aktivitas. . Dalam program kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" di mana-mana perangkat komputasi bergerak banyak komputasi dan sistem secara bersamaan, dan belum tentu bahkan tidak sadar bahwa mereka melakukannya. Model ini biasanya dianggap sebagai kemajuan dari paradigma desktop .

Implementasi Ubiquitous Computing
• Menggunakan everyday objects / artifacts
– kancing, kabel (wires), batre
– hidup bersama (dwell) dengan computer bukan sekedar interaksi
• Riset lain: wearable computing, MIT
  Things That Think, intelligent agents (bertentangan?)
Lihat gambar ini :



Peran Ubicomp?
• Bagaimana engimplementasikan ubiquitous devices.
– cepat diprogram (via DSP)
– ukuran harus kecil
– masih membutuhkan banyak topik riset

Paradigma ini juga digambarkan sebagai komputasi luas, kecerdasan ambient .Ketika terutama tentang obyek yang terlibat, juga komputasi fisik, Internet Things , komputasi haptic,dan hal-hal yang berpikir.Daripada mengajukan definisi yang tunggal untuk komputasi di mana-mana(ubiquitous computing)dan untuk istilah-istilah yang terkait, sebuah taksonomi properti untuk komputasi di mana-mana telah diusulkan, dari jenis-jenis rasa yang berbeda atau sistem di mana-mana dan aplikasi dapat dijelaskan.

Pada intinya, semua model komputasi di mana-mana (juga disebut meresap komputasi) berbagi visi kecil, murah, perangkat pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala di kehidupan sehari-hari dan umumnya berbalik jelas ujung-tempat umum. Sebagai contoh, sebuah lingkungan komputasi domestik di mana-mana mungkin interkoneksi pencahayaan dan kontrol lingkungan dengan monitor biometrik pribadi ditenun menjadi pakaian sehingga kondisi pencahayaan dan pemanas di kamar mungkin termodulasi, terus menerus dan tak kentara.Skenario lainnya berpendapat kulkas "sadar" dari isinya sesuai-tagged umum, dapat baik merencanakan berbagai menu dari makanan sebenarnya tangan, dan memperingatkan pengguna makanan basi atau rusak.

Mana-mana komputasi tantangan di ilmu komputer: dalam desain sistem dan rekayasa, dalam sistem pemodelan, dan desain antarmuka pengguna.Kontemporer model komputer interaksi manusia, apakah command-line , menu-driven, atau GUI berbasis, tidak sesuai dan tidak memadai untuk kasus di mana-mana.Hal ini menunjukkan bahwa "alam" paradigma interaksi yang tepat untuk sebuah komputasi yang kuat di mana-mana penuh belum muncul - walaupun ada juga pengakuan di lapangan bahwa dalam banyak hal kita sudah hidup di dunia yang ubicomp.Kontemporer perangkat yang mendukung beberapa ide terakhir ini termasuk ponsel , pemutar audio digital , identifikasi frekuensi radio tag, GPS , dan papan tulis interaktif .

Mark Weiser mengusulkan tiga bentuk dasar untuk perangkat sistem di mana-mana, lihat juga perangkat Smart : tab, kertas dan papan.

    * Tabs   : dpt dipakai perangkat berukuran sentimeter
                    • Seperti Post-It-Notes wireless, ada dimana-mana
                    • Aplikasi:
                 – building management system, mengaturAC, active badge, mendeteksi lokasi, meneruskan
                    telepon dimana dia berada.
                 – satu orang dapat memiliki banyak (ratusan?) Tabs . lihat gambar dibawah ini :

    * Pads   : ukuran perangkat-diadakan desimeter tangan
                   • Analogi dengan kertas (corat-coret)
                   • Seperti layar notebook, pen-based
                      – dapat dibawa kemana-mana
                      – satu orang dapat memiliki beberapa Pads
                      – megabits wireless
    * Dewan  : meter ukuran layar perangkat interaktif.
                     Analogi dengan papan tulis(wall size)
                    • Dapat digunakan bersamasama (via Pad, Internet)
                    • Bandwidth lebar
                    • Produk komersial (LiveBoard)
Lihat gambar Dewan(Boards) :


Ketiga bentuk diusulkan oleh Weiser ditandai dengan menjadi makro-ukuran, memiliki bentuk datar dan menggabungkan menampilkan output visual.Jika kita bersantai masing-masing dari ketiga karakteristik kita bisa memperluas jangkauan ke berbagai ini jauh lebih beragam dan berpotensi lebih bermanfaat perangkat di mana-mana Computing.Oleh karena itu, tiga bentuk tambahan untuk sistem di mana-mana telah diusulkan: [3]

    * Debu:  miniatur perangkat dapat tanpa menampilkan output visual, misalnya, Micro Electro-Mechanical   Systems ( MEMS ),mulai dari nanometer melalui mikrometer untuk milimeter.Lihat juga debu Smart .
    * Kulit: Kain berdasarkan memancarkan cahaya dan polimer konduktif, perangkat komputer organik, dapat dibentuk menjadi lebih fleksibel planar permukaan layar non-produk seperti pakaian dan gorden, melihat layar OLED . Perangkat  MEMS juga dapat dicat ke berbagai permukaan sehingga berbagai struktur dunia fisik dapat bertindak sebagai  permukaan jaringan dari MEMS.
    * Clay: ensemble dari MEMS dapat dibentuk menjadi sewenang-wenang bentuk tiga dimensi sebagai  artefak yang menyerupai berbagai macam benda fisik (lihat juga antarmuka Berwujud ).

sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://sandbox.xerox.com/ubicomp/
              http://wikipedia.org
              Home page Ubiquitous Computing
              http://www.ubiq.com
              http://www.media.mit.edu/ttt


0 komentar:

Posting Komentar