Komputer adalah alat bantu pencarian yang baik, tetapi antarmuka pemakai tradisional menghalangi pemakai pemula:
a. Perintah yang kompleks.
b. Operator Boolean.
c. Konsep yang menyulitkan.
Model antarmuka objek-aksi membantu perancangan alat bantu eksplorasi informasi:
a. Memisahkan konsep tugas dari konsep antarmuka.
b. Memisahkan isu antarmuka tingkat tinggi dengan tingkat rendah.
Supaya tampilan tampak menarik bagi user maka sangat perlu diperhatikan visualisasi Informasi sebagai bagian akhir dari Evaluasi dari User Interface yang dibuat
a. Photo search
1. Query by Image Content: mencari berdasarkan profil.
2. Koleksi terbatas lebih berhasil.
b. Map search
1. Koordinat lintang dan bujur.
2. Kota, jadual penerbangan, cuaca.
c. Design or diagram search
1. Pencarian elemen desain.
d. Sound search
1. Mengenali senandung pemakai.
2. Mengedit not pada paranada.
3. Mencari kata pada percakapan.
e. Video search
1. Mencari frame tertentu.
2. Zooming dan panning.
3. Dapat didukung dengan database teks.
f. Animation search
1. Mencari jenis animasi.
2. Mencari transisi pada presentasi.
• Apa itu "Informasi ?"
- Item-item, entity-entity, hal-hal yang tidak memiliki korespondensi fisik secara langsung.
- Dugaan abstrak dari entity penting juga.
• Apa itu "Visualisasi ?"
- Penggunaan komputer-pendukung, penggambaran data visual interaktif untuk memperkuat
pengamatan. Dari [Card,Mackinlay Shneiderman ' 98]
Mantra pencarian informasi visual:
a. Overview dulu,
b. Zoom dan filter,
c. Lalu details on demand.
Informasi Visualisasi :
• Inti :
- Mengambil materi tanpa suatu penyesuaian fisik dan memetakannya ke suatu 2-d atau 3-d ruang fisik
- Memberi informasi tentang suatu penyajian visual yang bermanfaat untuk analisa dan pengambilan keputusan
• Visual membantu kita berpikir
- Pengamatan eksternal
- menyediakan suatu kerangka acuan, tempat penyimpanan sementara
• Tujuan visualisasi adalah pengertian yang mendalam, bukan gambar
- Pengertian yang mendalam Penemuan, Pengambilan keputusan, Penjelasan
• Domains: Teks, Statistik, keuangan/ data bisnis, internet, informasi, perangkat lunak,..
Komponen-komponen Study :
• Analisis Data :
- Data item dengan atribut atau variabel
- Menghasilkan tabel-tabel data
• Struktur-struktur visual :
- Substrate mengenai ruang, tanda, properti tanda grafis
• UI dan interaksi
• Tugas analitik untuk dilakukan
• Search (pencarian)
- Menemukan suatu potongan informasi yang spesifik.Berapa banyak game yang braves menangkan di tahun 1995? Novel apa yang pengarangnya ian fleming?
• Browse
- Melihat atau memeriksa sesuatu dengan cara kebetulan, mencari informasi yang menarik Belajar tentang kristalografi
Apa yang telah jane lakukan belakangan ini?
• Analysis (analisis)
• Comparison-Difference (perbandingan-perbedaaan)
• Outliers, extremes (ekstrim)
• Patterns (pola)
• Assimilate (asimilasi)
• Categorize (menggolongkan)
• Locate (menempatkan)
• Identify (mengidentifikasi)
• Rank (peringkat)
• Associate (rekanan)
• Reveal (mengungkapkan)
• Monitor (monitor)
• Maintain awareness (melihara kesadaran)
Contoh-contoh :
agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../Visualisasi+Informasi.doc
0 komentar:
Posting Komentar