o Santosa, P. Insap, Interaksi Manusia & Komputer Teori dan Praktek,ANDI,
Yogyakarta,1997.
. Interaksi Manusia dan Komputer
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan computer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan computer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selam ia bekerja pada sebuah system computer. Dengan kata lain, para perancang antarmuka manusia dan computer berharap agar system computer yang ia rancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan penggunanya.
Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan
menyelesaikan tugas/ task dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat.
•User friendly
•Mudah digunakan (easy to use)
•Masih terjadi error
•User yang mahir dalam menggunakan komputer
•Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/
Delete, dll.
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian.
Komputer dan peralatannya harus didesain sesuai dengan kebutuhan yang
diinginkan dan dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari
(disesuaikan dengan tugas khusus yang diberikan).
a. Antarmuka manusia – computer
Kita ingat kembali bahwa prinsip kerja dalam sebuah system komputer adalah :
1. masukan (input)
2. proses
3. keluaran (output)
1. masukan (input)
Terdiri dari :
a. Batch : data berkelompok/ besar
b. Interaktif : satu per satu (saat user di depan komputer)
2. Proses
Komputer yang me-run program yang interaktif akan memproses ekumpulan instruksi per detik.
Program – run – hung – debug
Contoh : Dalam membuat garis
Kecepatan proses, lambat atau cepat, dapat mempengaruhi interface user.
Beberapa faktor yang membatasi kecepatan pemrosesan :
Komputasi, akses memori, grafik & network delay.
ketika seseorang bekerja dengan sebuah computer, ia akan melakukan interaksi dengan computer menggunakan cara – cara tertentu. Cara yang umum digunakan adalah pengguna memberikan suatu perintah kepada computer, dan computer menanggapinya dengan mencetk atau menuliskan tanggapan itu pada layar tampilan.
3. Output
•CRT : raster scan, random scan display, Direct View Storage Tube
(DVST), health hazards of CRT displays (sinar X, UV, frekuensi radio).
•LCD
•LED
Paper : printing & scanning
•Printing : dot-matrix, ink-jet & bubble-jet, thermal, laser
•Fonts & page description languages
•Screen & page
•Scanners & optical character recognition
Yang terlibat dalam IMK adalah :
o Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan
o memecahkan masalah
o Ergonomik : kemampuan fisik user
o Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
o Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
o Bisnis : pemasaran
o Desain grafis : presentasi interface,dll
User : siapa saja yang terlibat dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan teknologi
Yogyakarta,1997.
. Interaksi Manusia dan Komputer
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia dan computer pada dasarnya adalah untuk memudahkan manusia dalam mengoperasikan computer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selam ia bekerja pada sebuah system computer. Dengan kata lain, para perancang antarmuka manusia dan computer berharap agar system computer yang ia rancang dapat mempunyai sifat yang akrab dan ramah dengan penggunanya.
Bagaimana manusia dan komputer secara interaktif melaksanakan dan
menyelesaikan tugas/ task dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat.
•User friendly
•Mudah digunakan (easy to use)
•Masih terjadi error
•User yang mahir dalam menggunakan komputer
•Option-option dalam word processing, seperti File/save dengan file/
Delete, dll.
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu, teknik dan kesenian.
Komputer dan peralatannya harus didesain sesuai dengan kebutuhan yang
diinginkan dan dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-hari
(disesuaikan dengan tugas khusus yang diberikan).
a. Antarmuka manusia – computer
Kita ingat kembali bahwa prinsip kerja dalam sebuah system komputer adalah :
1. masukan (input)
2. proses
3. keluaran (output)
1. masukan (input)
Terdiri dari :
a. Batch : data berkelompok/ besar
b. Interaktif : satu per satu (saat user di depan komputer)
2. Proses
Komputer yang me-run program yang interaktif akan memproses ekumpulan instruksi per detik.
Program – run – hung – debug
Contoh : Dalam membuat garis
Kecepatan proses, lambat atau cepat, dapat mempengaruhi interface user.
Beberapa faktor yang membatasi kecepatan pemrosesan :
Komputasi, akses memori, grafik & network delay.
ketika seseorang bekerja dengan sebuah computer, ia akan melakukan interaksi dengan computer menggunakan cara – cara tertentu. Cara yang umum digunakan adalah pengguna memberikan suatu perintah kepada computer, dan computer menanggapinya dengan mencetk atau menuliskan tanggapan itu pada layar tampilan.
3. Output
•CRT : raster scan, random scan display, Direct View Storage Tube
(DVST), health hazards of CRT displays (sinar X, UV, frekuensi radio).
•LCD
•LED
Paper : printing & scanning
•Printing : dot-matrix, ink-jet & bubble-jet, thermal, laser
•Fonts & page description languages
•Screen & page
•Scanners & optical character recognition
Yang terlibat dalam IMK adalah :
o Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan
o memecahkan masalah
o Ergonomik : kemampuan fisik user
o Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi
o Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi
o Bisnis : pemasaran
o Desain grafis : presentasi interface,dll
User : siapa saja yang terlibat dalam menyelesaikan tugas dengan menggunakan teknologi
Komputer : teknologi, dari desktop sampai sistem komputer besar, baik dari sistem pengontrolan proses atau sistem embedded (Sistem tertanam).Sistem ini mencakup yang non komputer, maupun orang lain.