Search

Pages

Jumat, 30 Oktober 2009

Work Breakdown Structure (WBS)

Work Breakdown Structure (WBS) itu apa ??

WBS (Work Breakdown Structure) adalah alat Bantu grafis yang berupa tampilan proyek kerja kita agar bisa membantu pekerjaan menjadi lebih mudah dipahami dan lebih mudah untuk menjalin komunikasi. Biasanya WBS ini berbentuk bagan yang dimana terdapat bagan – bagan kecil dibawah induknya atau inti pada awal bagan tersebut.
Dalam hal ini WBS dapat dibangun di nomina atau verba. Dan apa maksudnya ? maksud dari itu adalah :
• jika hasil proyek Anda terutama verba, maka kata kerja atau proses berbasis berdasarkan WBS mungkin lebih masuk akal.
• Akan tetapi, jika WBS harus berorientasi produk atau penyampaian, maka Anda dapat memulai dengan memikirkan WBS sebagai daftar bagian akhir-akhir item proyek Anda.

Kemudian telah kita ketahui WBS umumnya digunakan :
1.Pada awal proyek untuk mendefinisikan lingkup proyek, jadwal, dan
2.Pengorganisasian Gantt memperkirakan biaya.

Proyek ini terus berjalan sesuai dengan pengorganisasian dari WBS dan semua itu sangat berarti sebagai jalan utama untuk melaporkan biaya proyek.

Selain itu, pada Proyek besar WBS juga dapat digunakan :

1. Di seluruh proyek untuk mengidentifikasi dan melacak paket pekerjaan,
2. untuk mengatur data untuk Earned Value Management (EVM) pelaporan,
3. untuk melacak kiriman, dll

Namun, Untuk mendesain sebuah WBS, kita harus dapat mencapai tujuan tertentu, seperti :

a.Memikirkan segi biaya, jadwal yang dikelola, dan bagaimana pekerjaan itu dilakukan ? semua itu harus sepadan atau sesuai agar perancangan subuah WBS berjalan.
b.Memberikan Pengamatan (Visibilitas) yang penting atau pekerjaan berisiko usaha.
c.Memberikan pemetaan kebutuhan, rencana, pengujian, dan penyerahan,
d.Foster harus jelas kepemilikan oleh para manajer dan pemimpin tugas,
e.Menyediakan data untuk pengukuran kinerja dan historis database, serta Masuk akal bagi para pekerja dan akuntan.


• Adapun Peran WBS (Work Breakdown Structure) adalah untuk:
1.Peningkatan akurasi biaya dengan memisahkan pengiriman proyek besar kedalam komponen kecil.
2.Menyediakan mekanisme untuk mengumpulkan dan mengelola biaya yang sebenarnya serta menyediakan mekanisme untuk pengukuran kinerja dan kontrol .

Dalam hal ini, WBS (Work Breakdown Structur) menyediakan peta sederhana, apa yang akan dihasilkan. Dan digunakan sebagai pintu masuk criteria untuk jadwal pembangunan.

Kemudian,Elemen WBS biasanya nomor, dan sistem penomoran dapat diatur dengan cara apapun yang Anda pilih. Sistem penomoran konvensional ditunjukkan pada gambar. Kotak berbayang yang ditampilkan di atas nomor slide bisa 1.2.2.3, yang akan memberi tahu Anda itu berada di kotak kedua di tingkat 2, kotak kedua pada tingkat 3, dan kotak ketiga di tingkat 4. Lihat contoh gambar berikut dibawah ini :

• Berikut ini Gambaran WBS untuk Proyek Pengembangan Sistem :



Lalu The Project Management Institute (PMI) memiliki dokumen, Biasanya Project Management Institute(PMI) Praktek Kerja Standar untuk struktur Breakdown memberikan contoh-contoh format / gambaran WBS yang dapat digunakan dimana saja, contohnya :
• Di beberapa proyek yang berbeda daerah, konstruksi, pertahanan, dll

Manajer proyek harus memutuskan untuk apa kerja dari berbagai tingkat rincian pelaksanaan WBS yang efisien akan menguntungkan manajemen proyek Pada proyek yang sangat kecil, WBS formal dapat melayani tujuan tidak berguna, tetapi dapat menjadi berharga jika ukuran proyek atau kompleksitas mulai meningkat.
Sebagai sebuah organisasi lingkungan manajemen proyek matang, atau sebagai ukuran dan kompleksitas yang lebih besar yang dihadapi,
Jalur perkembangan penenerapan konsep WBS :




Selanjutnya,Jika Anda menggunakan MS-Project atau serupa aplikasi perangkat lunak manajemen proyek, Anda mungkin menjumpai WBS sebagai daftar vertikal dengan indentasi untuk menunjukkan struktur.
Sementara beberapa paket perangkat lunak menyediakan tampilan WBS yang terpisah, Anda dapat mempersiapkan WBS Anda dalam format vertikal menggunakan pengolah kata, dan kemudian memotong dan menyisipkan WBS ke paket perangkat lunak manajemen proyek.
Disamping itu, ada software ketiga untuk tambahan aplikasi MS-Project yaitu WBS Chart Pro. Software ini bisa mengkonversikan bagan Gantt daftar tugas dengan indentasi ke WBS standar grafis dalam beberapa klik.

Dan kita juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat WBS dan transfer kembali MSP. Ternyata, perangkat lunak ini sangat berharga dalam mengorganisir pekerjaan proyek menjadi WBS, meninjau ruang lingkup proyek yang diusulkan, dan membantu manajer memvisualisasikan WBS implisit dalam MS-Project jadwal.

0 komentar:

Posting Komentar